TUgas dan Tanggung Jawab Manager Corporate Social Responsibility
Corporate Social Responsibility (CSR) |
Pengertian CSR
Corporate
Social Responsibility (CSR) adalah suatu
konsep bahwa organisasi, khususnya
(namun bukan hanya) perusahaan adalah
memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional
perusahaan.
Manfaat Bagi Masyarakat
CSR memiliki manfaat bagi masyarakat, yaitu kepedulian
kepada masyarakat sekitar/relasi komunitas dapat diartikan sangat luas, namun
secara singkat dapat dimengerti sebagai peningkatan partisipasi dan posisi
organisasi di dalam sebuah komunitas melalui berbagai upaya kemaslahatan
bersama bagi organisasi dan komunitas. CSR bukanlah sekedar kegiatan amal, di
mana CSR mengharuskan suatu perusahaan dalam pengambilan keputusannya agar
dengan sungguh-sungguh memperhitungkan akibat terhadap seluruh pemangku
kepentingan (stakeholder) perusahaan, termasuk lingkungan hidup. Hal ini
mengharuskan perusahaan untuk membuat keseimbangan antara kepentingan beragam
pemangku kepentingan eksternal dengan kepentingan pemegang saham, yang
merupakan salah satu pemangku kepentingan internal.
Keuntungan Bagi Perusahaan
1.
Meningkatkan Citra Perusahaan
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan
sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
2.
Memperkuat “Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara
membagikan produk secara gratis,
dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga
dapat meningkatkan posisi brand perusahaan
3. Mengembangkan Kerja
Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan
CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu
dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan
universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan
para pemangku kepentingan tersebut.
4.
Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai
kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya
dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
5.
Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan
memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu
inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi
perusahaan dalam bisnis
global.
6.
Membuka Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
Para investor
saat ini sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan
yang telah melakukan CSR. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan, lebih
memprioritaskan pemberian bantuan dana pada perusahaan yang melakukan CSR.
7. Meningkatkan Harga Saham
Pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan
bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis
(investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin
mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis
harga saham perusahaan juga
akan meningkat.
Perusahaan yang Menggunakan Corporate
Social Responsibility
Perusahaan didirikan dan menjalankan operasionalnya bukan
hanya memiliki tanggungjawab ekonomis kepada Pemegang Saham dan tanggungjawab legal
kepadaPemerintah, akan tetapi memiliki tanggungjawab sosial terhadap masyarakat
yang merupakan komponen terbesar dalam pertumbuhan perusahaan dengan harapan
dapat memberikan pengaruh ekonomi serta dukungan sosial terhadap masyarakat.
Sebagai wujud atas dukungan perusahaan terhadap Program
Pemerintah dalam mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat umumnya
serta terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja dan
memperdayakan masyarakat, maka PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) sebagai
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui implementasi Program Tanggungjawab
Sosial Perusahaan ( Corporate Social Responsibility ) ikut berperan
aktif untuk mendorong serta menciptakan kesempatan kerja yang merupakan
komitmen perusahaan dalam berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang
berkelanjutan dalam wujud peningkatan kualitas hidup masyarakat luas.
Kepedulian terhadap lingkungan/komunitas sebagai wujud Corporate
Social Responsibility dilaksanakan oleh perusahaan bukan karena Corporate
Social Responsibility (CSR) menjadi trend global, akan tetapi
perusahaan memiliki kesadaran tentang pentingnya mempraktekan Corporate
Social Responsibility (CSR) sebagai wujud kepedulian pada stakeholder yang
telah memberikan dukungan terhadap kemajuan perusahaan.
Program Tanggungjawab Sosial Perusahaan (CSR) dalam
pelaksanaan Program Bina Lingkungan bertujuan untuk memberikan manfaat kepada
masyarakat di wilayah usaha BUMN agar masyarakat merasa ikut memiliki serta
ikut bertanggungjawab dalam pengamanan asset perusahaan dari berbagai
rintangan yang ada. Dengan demikian tercipta iklim yang sehat dan mendorong
kondisi saling menguntungkan antara swasta dan Badan Usaha Milik Negara serta
memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah usaha BUMN.
AKTIVITAS
PENGELOLAAN LINGKUNGAN
Aktivitas pengelolaan lingkungan meliputi kegiatan memberikan
bantuan kepada korban bencana alam, bantuan pendidikan atau pelatihan,
peningkatan kesehatan, bantuan dana sarana dan prasarana umum, perbaikan gedung
sekolah dan bantuan dana sarana ibadah, yaitu :
a.)
Bantuan kepada Korban Bencana Alam
Pada tanggal 10 November 2010 perusahaan melakukan program
Jasindo Peduli Korban Bencana Alam bagi korban Merapi di Jogja Solo dan Gempa
Mentawai
b.)
Bantuan Pendidikan dan Pelatihan
Pada tahun 2010 perusahaan melakukan program bantuan
pendidikan dan pelatihan
c.)
Bantuan Peningkatan Kesehatan
Pada tanggal 22 Juni 2010 Perusahaan melakukan program
peningkatan kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 368 warga
perkampungan nelayan Poncol Marunda. Perusahaan juga melakukan Khitanan Massal
dengan jumlah peserta khitanan 225 orang pada tanggal 26 Juni 2010.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tugas dan Tanggung Jawab Manager Corporate Social Responsibility (CSR) di blog Tugas dan Tanggung Jawab jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
2 comments
Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com
BalasKeunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )
Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66
Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
bosku minat daftar langsung aja bosku^^
Saya tadinya berharap di artikelnya menjelaskan lebih detail tentang tugas dan tanggung jawab sebagai manajer CSR, semacam Job diskripsi jabatan manajer CSR atau kompetensi manajer csr.
Balas